Sunday, August 21, 2016

Persiapan Keberangkatan Angkatan 74: 130 Cerita, 6 Hari, 1 Mimpi

Persahabatan kami berawal jauh sebelum kami betul-betul bertatap muka, awal Juni 2016. Kami saling mengenal lewat telegram, hingga saat waktu berlalu, beberapa dari kami mulai sering bertemu. Pada akhirnya, 15 Agustus 2016 kami betul-betul bertatap muka secara lengkap. Inilah kisah Persiapan Keberangkatan (PK) 74 LPDP, Rajawali Guinandra dari sudut pandang-ku. Terlalu banyak kisah yang bisa diceritakan, setiap detiknya begitu berharga. Pada kesempatan lain aku akan berbagi setiap detail dari kisah itu, karena aku tak ingin kisah ini hilang dari pikiranku dan menjadi memori belaka.

15 Agustus 2016, kami memulai perjalanan ini bersama. Berawal dari PIC menyapa, berakhir dengan bernyanyi bersama. Lagu angkatan Terbanglah Rajawali Guinandra yang membahana, mengingatkan setiap kenangan manis yang kami punya. Setiap detik yang aku lewati bersama kalian begitu berharga, begitupun pelajaran yang kalian berikan untuk bekal hariku berikutnya.

Begitu banyak perubahan yang diberikan oleh 129 orang padaku. Selamat, kalian sukses membuatku mau berolahraga selain yoga, bahkan aku mencoba bermain voli meskipun hanya melihat bola itu melambung melewati net yang tertutup kantong plastik. Kalian berhasil membuatku lepas dan menjadi diri sendiri, sesuatu yang sudah lama tak ku lakukan. Aku lupa kapan terakhir kali aku bergoyang dan berteriak sedemikian lepas. Percayalah, keseharianku sangat jauh dari semua itu.

Aku berharap mendapat satu inspirasi baru dari PK kita, tapi ternyata aku gagal. Aku mendapat 129 inspirasi baru. Kalian mengajarkanku untuk bersyukur atas semua yang aku miliki. Kalian menyembuhkan mati rasa yang aku alami, sebelum kita bertemu. Melihat dunia dari berbagai sisi sungguh membuatku sadar betapa berartinya hidup ini.

Enam hari waktu yang begitu singkat. Ada 130 cerita di sana, dari 130 anak Indonesia, namun aku tahu kita semua memiliki satu mimpi untuk Indonesia yang lebih baik. Kalau boleh jujur, aku lupa kapan terakhir kali aku jatuh cinta. Sebelum bertemu kalian tentunya. Dan sekarang, bersama kalian, aku merasakan jatuh cinta lagi. Bukan hanya satu cinta, tapi 129 cinta.

Kalau boleh aku jujur, aku sungguh bersyukur kita hanya melewati waktu bersama-sama selama enam hari. Enam hari yang cukup membuaku susah untuk move on. Atau mungkin lebih baik aku tak pernah move on. Aku ingin membawa semangat yang aku rasakan bersama kalian, dimanapun dan kapanpun aku melangkah. Bayangkan akan segalau apa kita kalau bersama-sama lebih lama lagi.

Di sesi PIC menyapa, kita diberi satu petuah: PK itu kejam, mempertemukan untuk memisahkan. Aku tentu saja tidak setuju. Aku lebih suka berpikir: PK itu baik, mempertemukan untuk dipertemukan kembali suatu hari nanti dalam kondisi yang lebih baik. Pada titik ini aku merindukan tidur hanya dua jam dan juga mandi seadanya. Sungguh aku begitu merindukan hal itu.

Terima Kasih teman-teman RaGa untuk semua cerita dan setiap detik yang kita lalui bersama.

You're all hard to find, difficult to leave and impossible to forget

With Love,
Cesty

No comments:

Post a Comment